Sunday 15 December 2013

Sejarah Singkat STMIK STIKOM Bali


STMIK STIKOM Bali yang dipopulerkan dengan sebutan STIKOM Bali adalah bentuk Perguruan Tinggi formal yang dipilih oleh Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar setelah melalui berbagai pertimbangan dan perjalanan panjang dari para pendiri yayasan tersebut.
              
Berkat adanya dorongan dari masyarakat serta dukungan yang baik dari berbagai tokoh masyarakat Bali , maka pada tanggal 14 Mei 2001 sebagian para tokoh dan praktisi pendidikan serta beberapa tokoh masyarakat yang mencintai pendidikan telah didirikan suatu yayasan yang bernama Yayasan Widya Dharma Shanti yang dalam salah satu tujuannya yakni mendirikan dan mengelola pendidikan mulai dari tingkat rendah sampai dengan tingkat tinggi. Dalam waktu yang tidak terlalu lama yakni pada tanggal 10 Agustus 2002, Yayasan Widya Dharma Shanti telah membuka dan mengelola sebuah perguruan tinggi yang khusus menyelenggarakan program manajemen Informatika dan Komputer dengan nama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali yang beralamat di Jalan Teuku Umar No. 222 Denpasar-Bali untuk menambah dan memenuhi kebutuhan masyarakat (dunia usaha) dalam penyediaan tenaga ahli di bidang komputer, dengan ijin yang diperoleh dari Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia cq Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nomor 157/D/O/2002 kemudian beberapa kali diperbaharui terakhir dengan dengan nomor 3829/D/T/K-VIII/2009 (S1 Sistem Komputer) dan nomor 7358/D/T/K-VIII/2011 (D3 Manajemen Informatika)

Seiring dengan berjalannya waktu, sebagai suatu Institusi Perguruan Tinggi di bidang komputer dan informatika, maka STIKOM Bali akan terus meningkatkan kualitas pendidikan, SDM, sarana prasarana dan pelayanannya seperti: Dosen-dosen pengajar terdiri dari gabungan akademisi dan praktisi S1, S2, dan S3 yang berpengalaman, Beasiswa dari Kopertis dan yayasan, Unlimited Internet Access, Hot Spot (Wireless) area, SMS kampus. Seluruh ruangan teori dan laboratorium full AC, sehingga STIKOM Bali dapat memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat dalam menyongsong hari esok yang lebih baik lagi. Selain itu, untuk menambah kualitasnya, STIKOM Bali kini menempati lokasi baru yang lebih luas, nyaman dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu berlokasi di Jalan Raya Puputan No. 86 Renon, Denpasar-Bali.

Kini STIKOM Bali memiliki 3 program studi, yaitu S1 Sistem Komputer, S1 Sistem Informasi dan D3 Manajemen Informatika. Program Studi Sistem Komputer merupakan program sarjana dengan beban sks 148 sks. Program studi Sistem Komputer ini telah terakreditasi B sesuai dengan SK Nomor : 010/BAN-PT/S1/V/2009. Program Studi Manajemen Informatika merupakan program studi diploma dengan beban sks 110 sks. Program studi ini juga telah terakreditasi B sesuai dengan SK Nomor : 001/BAN-PT/Ak-X/DpI-III/IV/2010. Program Studi Sistem Informasi merupakan program studi baru di STIKOM Bali dengan ijin operasional nomor 1161/D/T/2009 dan telah diperbaharui dengan nomor 8133/D/T/K-VIII/2011. Program studi ini merupakan program studi sarjana dengan beban 144 sks.

No comments:

Post a Comment